Tuesday, May 21, 2013

Keindahan dan Karya Cipta

Keindahan dan karya cipta merupakan dua kalimat yang mempunyai keterikatan antar satu sama lainnya. Di dalam diri seseorangan pasti terdapat yang namanya keindahan, dan karya cipta. Namun apakah keindahan itu?  dan apakah karya cipta itu?

Apakah keindahan itu?

Sebenamya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu bare jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan

kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Dengan bentuk itu keindahan dapat berkomunikasi. Jadi, sulit bagi kita jika berbicara mengenai keindahan, tetapi jelas bagi kita jika berbicara mengenai sesuatu yang indah.

Jadi keindahan pada dasamya adalah sejumlah kwalita, pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kwalita yang paling sering disebut adalah kesatuan (unity), keselarasan (harmony), kesetangkupan (symmetry), keseimbangan (balance) dan perlawanan (contrast). Dan ciri itu dapat diambil kesimpulan, bahwa keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebaikan dari garis, wama, bentuk, nada dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat, bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan Si pengamat.
Namun ada juga versi lain yang menyatakan bahwa keindahan adalah sebagai berikut :


Keindahan

Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, rumah, tatanan, perabot rumah tangga, suara, warna, dan sebaginya. Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikniati keindahan. Keindahan adalah identik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tank yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Karena 1 itu tiruan lukisan Monalisa’tidak indah, karena dasamya tidak benar. Sudah tentu kebenaran disini bukan kebenaran ilmu, melainkan kebenaran menurut konsep seni. Dalam seni, seni berusaha memberikan makna sepenuh-penuhnya mengenai obyek yang diungkapkan. Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.

Itu lah dua versi yang menyatakan apa itu keindahan, setidak nya dari dua versi yang sudah di jabarkan diatas kita semua dapat memahami apa makna dari keindahan dan menurut pandangan saya keindahan adalah bagaimana cara kita memandang suatu sesuatu dengan sudut pandang kita sendiri. Tentunya setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda – beda mengenai apa itu keindahan.

Dibawah ini merupakan aspek – aspek keindahan pada diri manusia :
Ada 4 aspek keindahan pada diri manusia :

      A. Kontenplasi dan Ekstasi

Kontemplasi adalah memandang jauh ke depan demi mendapatkan arah dan kemungkinan tindakan lain (antisipasi) yang lebih bermakna. Kontemplasi juga merupakan suatu tindakan untuk memahami penuh suatu hal. Kontemplasi adalah memandang sesuatu dengan cara ambil bagian dalam hidup, dalam adegan, terlibat langsung. Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah. Sedangkan Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasa, dan menikmati sesuatu yang indah. Setiap manusia memiliki nilai ekstansi yang berbeda-beda. Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan kreativitas, maka kotemplasi itu adalah faktor pendorong untuk menciptakan keindahan. Sedangkan ekstansi itu merupakan faktor pendorong untuk merasakan menikmati keindahan karena derajat kontemplasi dan ekstansi itu berbeda-beda antara setiap manusia.

      B. Keindahan Keserasian dan Kehalusan

Dalam diri manusia terdapat faktor kontenplasi dan ekstasi.maka itu keindahan tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia. karena membutuhkan keindahan.Dalam keindahan terrcermin unsur keseerasian dan kehalusan.Keserasian adalah kemampuan untuk menata sesuatu yang dapat dilihat,dipegang seseorang.

Kehalusan adalah kemampuan menampilkan sopan santun,tutur kata yang menyenangkan,menarik perhatian, dan menggembirakan orang lain.

      C. Kreatifitas dan Karya Cipta
  
Keindahan adalah salah satu dari kehidupan yang merupakan sebuah kodrat.Karena manusia brusaha menciptakan keindahan untuk memenuhi kebutuhan ,selain itu manusia menciptkan karya cipta dipengaruhi oleh pengalaman dan faktor alam.


       D. Pengaruh Keindahan pada jiwa manusia

Daya tarik yang kuat memiliki efek berubahnya situasi dan kondisi pada manusia, keindahan bisa mengubah suasana yang tidak nyaman bisa menjadi nyaman , bahkan dengan seringnya kita melihat keindahan,maka kesehatan jiwa kita akan sangat bagus,sehingga mempengaruhi jasmani dari diri kita sendiri,karena fikiran kita yang sudah fresh.


Karya Cipta

Karya Cipta merupakan hasil dari buah pemikiran seseorang dalam membuat sesuatu hal atau apapun. Dalam karya cipta tentunya tiap – tiap manusia berbeda karena memiliki pola berfikir yang berbeda antar satu dengan yang lainnya. Karya cipta dan keindahan menurut saya memiliki keterikatan sebab Keindahan adalah salah satu dari kehidupan yang merupakan sebuah kodrat dan karena manusia berusaha menciptakan keindahan untuk memenuhi kebutuhan, selain itu manusia menciptkan karya cipta dipengaruhi oleh pengalaman dan faktor alam.

Karya Cipta (Puisi :Memulai)

Dalam jemari yang tersusun rapi..Disitulah terdapat keindahan yang mampu membuat hati merinding
Terkejut
Kaget
Kagum
Walau masih dalam tahap pembelajaran
Tapi dihati ini telah selesai menyelesaikan satu keindahan yang membuat hati terpaku
Diam bukan berarti bisu
Tertawa bukan berarti mengerti..Tersenyum bukan berarti faham..Tapi disitulah letak kebingungan yang telah dirasa
Tak apa semua itu butuh proses
Ketika kita belum faham maka banyaklah terus belajar, dikala belum mengerti teruslah mengkaji
Maka akan menemukan suatu ilmu yang akan dimengerti dalam kehidupan ini



Sumber 

1 comment:

  1. Terima Kasih buat kakak yang sudah mau berbagi saran/masukan untuk blog saya

    ReplyDelete