Wednesday, March 26, 2014

cPanel

Sejarah cPanel

Awalnya cPanel adalah panel kontrol disesuaikan menjadi khusus untuk “SpeedHosting” , Pencipta cPanel, J.Nick Koston. Memilliki saham di Speed Hosting. Web King memulai menggunakan cPanel setelah mereka bergabung dengan Speed Hosting. Setelah bergabung, perusahaan baru tersebut memindahkan server merekan untuk “ Virtual Development Incorporated”, yang merupakan perusahaan hosting yang juga tidak beroperasi lagi. Setelah pengaturan antara Koston dan VDI, cPanel hanya akan tersedia untuk pelanggan web hosting VDI.

cPanel 3 keluar pada tahun 1999, itu perbedaan berarti dari versi sebelumnya karena web hosting manajer digabung dengan Auto Installer dan Upgrader (Fantatico) Meskipun, cPanel 3 tergolong lengkap, namun memiliki kelemahan yaitu adanya bug dan tidak memiliki Interface yang baik. Interface mulai diperbaiki ketika Carlos Rego, dari Wizard Hosting, merancang tema yang menjadi tema standar cPanel.

Akhirnya karena konflik kepentingan antara VDI dan Koston, cPanel terpecah menjadi dua entitas yang terpisah, dengan satu yang disebut cPanel dan WebPanel. WebPanel menjadi salah satu yang dijalankan oleh VDI. Tanpa seorang programmer, VDI tidak dapat melanjutkan pekerjaan pada WebPanel dan akhirnya tidak lagi mendukungnya. Koston terus bekerja pada cPanel sementara juga bekerja di BurstNET. Kemudian ia meniggalkan BurstNET untuk memberikan perhatian penuh kepada cPanel. cPanel selalu mengalami update dan perbaikan sebagai tahun-tahun berlalu, dan sampai hari ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

Pengenalan cPanel


cPanel merupakan web hosting control panel yang paling populer di dunia. cPanel adalah fasilitas yang bisa digunakan untuk berbagai hal yang menunjan website yang kita buat. cPanel menjadi jembatan untuk mempermudah pengelolaan website oleh pengguna. Melalui cPanel ini kita dapat membuat account FTP, membuat database, membuat account email, membuat sobdomain, mengupload file, menginstal web secara otomatis, mengatur DNS, mengetahui statistik dari sebuah website, membuat website dengan web builder, dan juga untuk keperluan lainnya.

Pengaksessan cPanel

Untuk bisa mengakses cPanel, kita harus login terlebih dahulu. Accont cPanel biasanya akan diberikan oleh penyedia hosting kepada kita. Jika belum memiliki account, lakukan konfirmasi kepada Costumer Support-nya.
Langkah-langkah untuk mengakses cPanel :

Pada browser, ketik:

  1. http://[NamaDomainAnda]/cpanel #misalkan NamaDomainAnda adalah unclock.com. maka alamat cPanel Anda adalah http://unlock.com/cpanel 
  2. Isikan Username dan Password Anda, lalu klik OK.
  3. Anda akan masuk ke halaman cPanel, seperti gambar di bawah ini. 


Bagian-bagian pada cPanel :
  • Preferences
Bagian ini biasanya digunakan untuk melakukan berbagai peraturan secara umum, seperti melihat video tutorial, mengubah password, info, style, dan bahasa, serta penggunaan shortcut.
  • Mail
Bagian ini, kita bisa membuat email baru dan mengeditnya, mengatur penggunaan webmail, filtering email, autentikasi email, dan berbagai hal yang berhubungan dengan email.
  • Files
Bagian berfungsi untuk backup data, penggunaan file manager, mengetahui jumlah space yang digunakan, dan pembuatan FTP account.
  • Logs
Bagian ini berguna untuk mengetahui informasi penggunaan bandwith, pengunjung web, raw access log, mengetahui error log, dan tugas untuk mencatat statictic dari web.
  • Security
Bagian ini berguna untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan keamanan web hosting, seperti untuk memproteksi derektori, pengaturan pelarangan IP tertentu, pengguanaan SSL/TLS, penggunaan SSH, proteksi pada link, dan penggunaan kunci GnuPG.
  • Domain
Bagian ini berguna untuk membuat subdomain di bawah domain yang lama, juga berfungsi untuk pengaturan add-ons domain, domain parkir, dan redirect situs ( pengalihan URL)
  • Databases
Berfungsi untuk membuat database berbasis MySQL, pembuatan database secara wizard, mengakses phpMyAdmin dan Remote MySQL.

DLL.



No comments:

Post a Comment